blognya cah-cah sipil UGM

komunitas blogger Teknik Sipil dan Lingkungan UGM

Ngenet di Gazebu

Posted by herr pada Februari 11, 2008

Di kampus ada tempat ngenet yang nyaman, tenang dan yang paling penting gratis. Lokasinya di gazebu (sebelah utara mushola). Dibandingkan tempat lainnya, gazebu is the best. Menurut pengamatan saya, setiap hari pada jam-jam kuliah hanya sedikit mahasiswa yang memanfaatkannya dan itu juga kebanyakan mahasiswa S2. Padahal zaman sekarang sudah banyak mahasiswa yang punya laptop.

Kalau sampeyan punya laptop juga mau ngenet saya sarankan di gazebu aja. Sinyal wirelessnya yang tertangkap lumayan banyak (lihat gambar di bawah), tinggal pilih, tapi sayang semuanya dipassword… 😦 ada yang mau berbagi password?

untitled.jpg

Sepertinya ada salah satu author blog ini yang tiap hari sering mangkal di gazebu…

23 Tanggapan to “Ngenet di Gazebu”

  1. heroes said

    aku jg g tau
    kok semua d password
    jd g bsa d manfaatkan
    sbagai mana mestinya
    mending k kptu deh

  2. ida said

    woh, gtu ya?
    udah coba nanya mas lab kom?

  3. watonmuni said

    @mbak ida
    wah..gak ada gunanya nanya mas labkom mbak.
    emang hotspot di sipil itu sebenarnya bukan buat mhs S1, takutnya nanti ngabisin bandwith, itu gosip yang pernah saya dengar. tapi saya heran juga “kok pelit amat sih” , coba bandingkan dengan Elektro, Mesin, dan Kimia, yang turah2 bandwith, gmana cah sipil mau maju coba, hotspot aja nggak dapet…

    @mas herr
    kalo sinyal dari mstt itu sebenernya khusus mhs mstt mas.
    trus kalo sinyal yang JTS itu paswordnya 0123456789, tu juga cuma bisa buat browsing dengan kecepatan merangkak, kalo mau donlot anda harus menyiapkan bergelas-gelas kopi, hahahaha..
    moga2 ntar nggak diganti paswordnya, karena udah dituls disini😆

    @heroes
    Ke kptu???
    harus bersabar menahan emosi😆

  4. herr said

    Ada yg perlu saya tambahkan, kekurangan ngenet di gazebu: colokannya cuma satu
    *satu lobang ramai2 dong:mrgreen:

    hehehe dah dijawab semua sama mas toni (watonmuni, red). btw gambarnya bikin miris ya terutama bagi yg suka ngenet gratisan…

  5. bantons said

    Klo saya mending di Lab Hidro, soalnya lum ada laptop, hiks…

  6. watonmuni said

    @anton
    loh..wingi koe nggowo laptop to😉

  7. herr said

    Anton, kw sudah jadi author di blog ini, kirim2 tulisan yo biar rame…

  8. rezi said

    mmm… bingung mo nulis apaan

  9. ihsanhadi said

    @SEMUA
    kalo dulu,kl ga salah password buat hotspot kptu lt2 or lt3, “wifi1” (baca:ga pake tanda petik) ato “wifi2” coba”aja sapa tau bener

    tambahan= kalo mau tau passwordnya yg laen deketin aja pak satpam(baca:security/yg jaga parkir pake senyum tapi)

    @SEMUA
    kl mau complain soal WIFI jurusan,kirim aja emailnya ke KAJUR (baca:bambangt@tsipil.ugm.ac.id)

    kalo mau ngirim email, kolektif,antar angkatan,harus ada yg koordinir, beserta alasan yang logis
    (baca:menghambat arus informasi dan kampus ini milik bersama bkn cm punya S2)

  10. herr said

    @ihsanhadi
    san coba lihat gambarnya, wirelessnya kan banyak masak passwordnya sesimpel itu. Maksudnya dari segitu banyak wireless hanya cukup dengan satu atau dua password saja, kayaknya gak bisa deh.

    hehehe… pak satpamnya doyan ngenet dong san, wah ntar motornya gak ada yg jagain😯

    hmmmm…betul itu san ide yg bagus, apalagi ngasih tahu blog ini juga biar pak Bambang ngunjungin terus🙂

  11. ariebp said

    @ihsanhadi
    memang itu pwd bwt kptu mas.Tapi sayangnya koneksinya putus sambung.Bahkan bisa ga nyambung blas.
    Usul ke jurusan?Smoga angkatan 2004 dan sesudahnya ikut membaca dan peduli,hehe

  12. ida said

    @ arie,,yakin tuh gosipnya (aku jg pernah denger siy),
    wah, pelit juga ya, emang pemakaian internet s1 sama s2 bedanya apa?
    s1 lebih gila nge net kali ya, makanya sangat potensial untuk ngabisin bandwith, tapi kan…
    pengetahuan juga…huwaa…
    gut lak deh temen2,,,
    @ anton,n @ semua juga, coba masalah password “diobrolin” sambil nyante ton,sama yang berkompeten, hehehe..

  13. herr said

    huss… jangan su’udzon dulu, barangkali bagian administrasi yg ngurus jaringan internet di kampus ada maksud2 tertentu yang kita nggak tahu. memang kalau begini terus bisa muncul kesenjangan antara mahasiswa s1 sama mahasiswa s2, beuh gawadh❗

  14. ariebp said

    Wah,hari ini sinyal jts di block.Yang saya takutkan benar2 terjadi.Huhuhu

  15. herr said

    Maksudnya sudah nggak bisa diakses lagi? Wah tempat mangkal kita berkurang neh:mrgreen:

  16. suma mau sedikit berbagi informasi, saya pernah dengar ada angkringan yang punya wifi gratis (tapi kudu daftar jadi member dulu)
    angkringannya di pelataran parkir “jogja media net”. katanya sih bandwithnya besar, tapi saya g pernah coba, cos gak da laptop.
    sambil ngangkring, bisa nge-net
    info lanjut: kunjungi ankringannya langsung yah…

  17. herr said

    wah thanks wan infonya, klo cuma ngenet doang nggak papa kan??

  18. akulahpathub said

    walah, ternyata begini keadaannya ya😀
    kasian amat wahai para mahasiswa🙂

    Sejak awal (2th yg lalu), saya sudah komplen tentang benwit di teknik sipil.
    Benwit yang seharusnya “jatah” para mahasiswa (yg bayar mereka kok), tapi kok malah dipake untuk kepentingan dosen dan karyawan. (beberapa pengelola sempet merah-padam mukanya waktu itu, EMANG GUE PIKIRIN)
    Sudah pernah saya tawarkan pake IM2 juga Spidol, jugak upgrade utk UIINet (yg akhirnya malah dicopot, karena dinilai gak sebanding dengan harganya)
    Yakinlah, bahwa para pengelola itu sebenarnya jugak gaptek, maunya bayar sithik oleh aphik.
    Adakah ISP yang mau dibayar 3 jt untuk koneksi 512 kbps dedicated ?
    Kontak saya deh, kalau ada😀

    Saat ini sedang kami godog utk pengadaan hotspot public (free) untuk area kantin dan gazebo menggunakan telkom spidol office (unlimited).
    Semoga gak terlalu lama nih pengadaannya (akhir agustus, moga2 terlaksana).

    Adakah usul tentang hotspot public ini ?
    Perlukah content filtering ?
    Karena di log squid, saya lihat buanyak yg donglot pilem (3gp, mpg, avi) dari rapidshare.
    Atau ada yang mau ngopeni koleksi pilem saya ?
    100 Giga lebih tuh.

    Saya jugak udah usulin untuk penambahan titik stop kontak listrik, tapi sampai swaat ini, belun terlaksana. sabarrrr….😀

    regards,

    Admin:
    mas pathub, menarik sekali ceritanya. bagaimana kalau mas pathub menjadi kontributor blog sipil ini, dengan harapan mas pathub bisa cerita banyak tentang seluk beluk server internet di kampus kita ini melalui tulisan2. selain itu mas pathub bisa share ilmu mengenai dunia Teknologi Informasi yang mudah2an bisa bermanfaat bagi orang yang membacanya. sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

  19. bwat mas admin;
    matur nuwun atas tawarannya menjadi kontributor, tersanjung saya
    namun, terus terang, saya sendiri sering (teramat sering malah) males untuk menulis/mencatat.
    form lembur aja jarang saya isi kok
    (pesimis juga sebenarnya, kalau saya isi dengan sebenarnya, mampukah (mau atau mampu) sipil mbayarnya ???)
    :ngelantur:

    Mohon maap saya gak pantes utk jadi kontributor, cuman anak sma saya.
    Saya maseh belajal kok, maseh kalah saya sama sampeyan2 yang makan bangku kuliah🙂

    Namun, coba saya tawarkan kepada sang admin server utk menjadi kontributor disini.

    Beberapa info hendak saya sampeykan:
    * pertamax; dalam waktu dekat, WEP Key di seluruh Access Point akan diganti.
    Sudah lama saya “ngonangi” kebocoran tersebut, memang saya diamkan.
    tapi hingga swatu swaat, alokasi 233 ip address ludes habisss…
    akhirnya, sayalah yang kliatan bego di mata boss2 jurusan, gak becus gitu lho.
    padahal sumpah, mbok gledah wis, saya gak pernah bikin bocor tuh security, yang bikin bocor malah para dosen2 beserta asistennya, nahh… !!! HAYO NGAKU !!!

    namun hal tsb mubazir menurut saya, sebelum saluran bocornya ditambal, percuma saja security-nya diganti, betul tidak ya ?

    * keduax; hotspot public bagi umum sudah menyala, dengan SSID Garden.
    login dengan user public, passwordnya dikosongin saja.
    Saya test bisa nyampe ke geodesi di bagian barat, dibagian timur bisa nyampe “kandang munyuk”, sebelah selatan hanya nyampe pintu lab hidro, sebelah utara bisa nyampe selokan, kacaw wis
    kapan2 akan ditest menggunakan setting Turbo G, bakalan kolaps AP milik MSTT

    berhubung benwit dari telkomnyet spidol “hanya” 32 kb per sex, maka beberapa skenario harus dijalankan

    skenario 1:
    user public dapat digunakan oleh 10 klien berbarengan, namun setiap 30 menit, koneksi akan terputus, ide awalnya agar bisa gantian yang pake🙂
    pada prakteknya, yang konek laptopnya itu2 saja😛

    skenario 2:
    user public dapat digunakan sebanyak-banyaknya klien, namun speed dibatasi menjadi 5 kb per sex, download accelerator jugak hanya jalan 1 (satu) koneksi saja. (belun sempet ngetest saya)

    skenario 3:
    tidak diperlukan user maupun password, autentikasi berdasarkan MAC Address dari tiap2 laptop, speed tidak dibatasi, download accelerator (semoga) bisa 99 koneksi simultan, NAMUN dibatasi quota (time base maupun volume base)
    1 Giga per bulan, atau 50 jam per bulan mana yang paling cepet

    yang dijalankan saat ini adalah skenario 1
    diharapkan masukan dari rekan2, gimana sebaiknya.

    Kalau saja tersedia koneksi dedicated 256 kb per sex saja, gak perlu repot2 dengan skenario diatas
    Janji telkom spidol koneksi 1 mb per sex, terbukti kok, namun hanya dari modem sampai ke server telkom, kalau ke internet ya teteup 32 kb per sex
    Begitu bangganya spidol ya, di UGM malah bisa 2 gb per sex🙂

    segitu dulu deh,
    mohon maap jika saya nyampah disini😛
    di blog sendiri malah jarang nulis saya

    RSS disini, boleh ndak ya di link ke website tsipil ?

    Admin:

    Mohon maap saya gak pantes utk jadi kontributor, cuman anak sma saya.
    Saya maseh belajal kok, maseh kalah saya sama sampeyan2 yang makan bangku kuliah

    mahasiswa yg kuliah di sipil kan pinternya ya tentang ilmu kesipilan mas. jarang yang ngeh ke dunia IT. klo ternyata ada yg pinter IT juga ya itu bagus. maksud saya biar blog ini lebih hidup lagi mas. bisa jadi jembatan antara admin server teknik sipil sama mahasiswa. siapa tahu ada keluhan2 yg ingin mereka sampaikan tp nggak ada media yg mewadahinya. kedepannya mungkin bisa jadi jembatan juga bagi mahasiswa dan dosen.
    sekarang dah jamannya ngeblog mas. informasi yang berkembang begitu cepat. klo nggak terus ngikutin malah bisa ketinggalan. tentu mas pathub lebih paham. hmmm… saya ndak maksa kok mas. tapi klo bisa sih harus jadi kontributor/penulis.. *lho*:mrgreen:

    Namun, coba saya tawarkan kepada sang admin server utk menjadi kontributor disini.

    lho jadi sampeyan bukan admin server teknik sipil toh? lantas siapa tuh yg jadi admin?

    wah klo masalah sekenario yg mesti dipilih mana, jujur aja saya ndak ngerti mas. menurut saya sih gimana baiknya aja. sama2 menguntungkan. dosen untung, mahasiswa untung, dan mase kudu untung juga (nggak bikin banyak kerjaan sampeyan:mrgreen: ). atau diadakan survey ke segenap civitas akademia teknik sipil. bikin kuisioner yg isinya sekenario apa yg paling diminati. hehehe.. cuma usul aja kok🙂

    segitu dulu deh,
    mohon maap jika saya nyampah disini😛
    di blog sendiri malah jarang nulis saya

    ndak papa kok mas, malah kita seneng ada yg nyampah di sini. semakin banyak sampah semakin rame😆

    RSS disini, boleh ndak ya di link ke website tsipil ?

    wah dengan senang hati mas, itu yg kami tunggu-tunggu🙂

  20. nyampah lagi….🙂

    lho jadi sampeyan bukan admin server teknik sipil toh? lantas siapa tuh yg jadi admin?

    1000kbps (pake linux tapi, windos ex pi cuman dapet <500kbps)😀

    Saya dapat warning dari pengelola jurusan, bahwa penggunaan wireless access point (kecuali Garden) hanya diperuntukkan bagi dosen. Jadi jika saya masih ngeliat leptop/hostname yang aneh2 di log proxy, saya blokir dari jaringan sipil😀

    Saya perlu feedback untuk penggunaan wifi Garden, coverage, blank-spot, speed, stability.
    Silahkan serbu wifi garden, bagi yang tahu trik agar koneksi bisa lebih cepet, infokan disini juga. Gunakan wifi gargen semaksimal mungkin, jika perlu, saya bisa minta ke pengelola untuk nambah benwit spidol, dengan syarat, bukti bahwa pemakai wifi garden memang sudah buanyak.
    Setahu saya, jurusan punya dana 3,5jeti untuk koneksi internet. baru dipake utk bayar spidol aja 700 rebu, masih sisa buanyak tuh😀

    Sebenarnya buanyak sekali yang masih perlu dibenahi, namun saya sudah capek kerja sendirian, saya butuh pertolongan rekan-rekan sekaliyan🙂

    Cukup sekiyan nyampah sayah😀

  21. walah….
    tag saya salah ya
    munculnya jadi beda😦

    gak bisa di edit lagi

    yawis lah

    inet axis semangkin parah😦
    sahuuuuurrrrrrrrr…………

  22. walah…
    walah….

    sori mas admin, koneksi sayah putus nyambung nih, jika perlu diedit komen saya diatas ya.

    maklum pake axis dari rumah

  23. TS UGM 06 said

    mending ngenet di Sekre KMTS aj…
    enak bisa sambil tiduran….(serasa ngenet d kamar sendiri)

Tinggalkan Balasan

 
