blognya cah-cah sipil UGM

komunitas blogger Teknik Sipil dan Lingkungan UGM

WC (waterplant community)

Posted by ida pada Februari 17, 2008

“da, bagi2 cerita donk di blog sipil, ntar klo dah punya account wp hub aku. btw pembicaranya atmo ya? wuih matebh banget…”
“Gimana neh ceritanya pengabdian masyarakat dh sumber daya air?? bagi2 cerita dunk *ngikut herr*”
maaf niy, saya telat melaporkan ceritanya😉
yak, jadi 14 February 2008 at 08.00 till end, UGM launching WC (waterplant community).
berikut diambil dari web www.ugm.ac.id dan mengenai kegiatan ke gua plawan sendiri, bisa diikuti kegiatannya lewat www.airguaplawan.net

UGM Launching WC: Waterplant Community

WC? Mungkin terdengar aneh ditelinga. Bahkan terkesan agak “jorok”. Tapi, jangan dulu berkesimpulan: WC adalah Waterplant Community. Sebuah komunitas baru yang terbentuk dari para mahasiswa KKN PPM Tematik Eksploitasi Air Gua Plawan.

Mereka adalah para mahasiswa yang telah melakukan pengabdian masyarakat di Desa Giricahyo Wonosari, dengan melakukan program mengangkat air dari Gua Plawan. Tercatat, sudah empat tahap dilakukan KKN PPM Tematik di daerah tersebut sejak tahun 2006.

Sebagai komunitas baru, WC (Waterplant Community), Kamis (14/2) diresmikan Wakil Rektor Bidang Alumni dan Pengembangan Usaha Prof. Ir. Atyanto Dharoko, M.Phil., Ph.D di Ruang Sidang Biru Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM. Peresmian ditandai pengucuran air kendi oleh Prof. Atyanto Dharoko ke dalam bocor yang dipegang Koordinator WC Robby Adiarta.

Selain itu, dilaksanakan pula Diskusi Panel bertema “Peran Pemerintah, Swasta dan Masyarakat Yang Sinergis dan Berkelanjutan Dalam Penanganan Krisis Air”. Sejumlah pembicara hadir, diantaranya Penanggungjawab Waterplant Community Dr. Ir. Sunjoto, Dip.HE., DEA, Kepala SATKER Pengembangan SPAM IKK Departemen Pekerjaan Umum Ir. Irman Djaya, Dip.SE., M.Eng serta presentasi Studi Kasus Program Eksploitasi Air Gua Plawan oleh Andityo Nurwanto, ST (Aspek Instalasi Fisik) dan Desi Aryani, S.Sos (Aspek Instalasi Sistem Sosial).

Prof. Atyanto Dharoko memberikan apresiasi tinggi terhadap Waterplant Community. Bahwa apa yang dikerjakannya di Desa Giricahyo, Wonosari telah memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Apa yang dilakukan mahasiswa-mahasiswa KKN dengan bimbingan dosen-dosen FT Sipil, saya kira suatu yang luar biasa. Ini sekaligus memiliki prospek yang luar biasa. Kalau saya membayangkan KKN Tematik yang dikembangkan UGM seperti ini semua, saya kira menjadi suatu yang luar biasa. Karena sesungguhnya KKN Tematik yang kemudian dikembangkan menjadi KKN PPM ini, betul-betul mencerminkan KKN yang di idealkan,” ujar Pak Toni Atyanto.

Setelah ini, katanya, masyarakat Giricahyo Wonosari diharapkan mampu mandiri dalam pengelolaan air. “Dengan demikian yang tadinya mendapat subsidi bantuan dari banyak pihak, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, mahasiswa, sedikit-sedikit dapat dikelola sendiri,” tambahnya lagi.

Hal senada disampaikan koordinator Waterplant Community, Robby Adiarta, bahwa dalam pengembangannya KKN PPM Tematik Air Gua Plawan tidak hanya terbatas dibidang teknis saja, melainkan untuk pengembangan kapasitas masyarakat lokal dalam pengelolaan sumber daya air.

“Tujuannya adalah untuk mempresentasikan apa yang telah dibangun oleh mahasiswa, pemerintah dan masyarakat. Ini sebagai sarana tukar pikiran terhadap kepedulian mereka bagi permasalahan yang dihadapi,” ungkap Robby.

Sementara, meski merespon sangat baik program KKN PPM Eksploitasi Gua Plawan, Irman Djaya menilai air gua plawan sampai saat ini masih belum layak sebagai air minum. Walau air jernih, tapi ada sesuatu yang tidak terlihat untuk bisa dikatakan setara air minum.

“Misalnya mikroorganismenya. Walau dikatakan gua plawan steril, tidak ada orang masuk ke Gua Plawan. Tapi saya kira pencemaran masih tetap ada,” ungkapnya. Untuk itu, kata dia, masih perlu pengolahan lebih lanjut. (Humas UGM)

6 Tanggapan to “WC (waterplant community)”

  1. wakhidatik said

    oh iya, cerita lebih lengkap lagi segera menyusul.
    mumpung minggu niy,, tunggu aja hari senin yach!!
    salam hangat,
    -ida-

    Admin:
    Maaf nih mbak Wakhidatik, postingannya sedikit saya edit. Pertama tentang tag, ada yg saya hapus yaitu pengabdian masyarakat karena terlalu panjang. Diusahakan author menyantumkan tag yang sudah tersedia di sidebar namun apabila postingannya tidak ada kaitannya dengan tag tersebut, author dipersilahkan menambahkan sendiri namun diusahakan jangan terlalu banyak. Kedua, postingan yang panjang hendaknya di ‘read more’ supaya tidak memakan tempat dan demi menjaga kerapihan tampilan blog. Demikian saja dari admin, harap maklum. Terima kasih atas partisipasinya.

  2. ariebp said

    Hehe,saya kemarin juga sudah mbaca britanya di kr mbak.Ternyata teman 1 angkatanku yg jadi kordinator,hebat coy.Dulu saya ndaftar kkn dsana ga ktrima😆

  3. herr said

    Tadinya mo mosting lagi eh dah keduluan ida deh, klo berturut-turut lima kali saya mosting harusnya dapet hadiah nih:mrgreen:

    Oke da, kamu dah nepatin janji, ditunggu perjanjian selanjutnya, lho???

  4. wakhidatik said

    oh, iya bang admin, ttg tag, okey deh, sip!! atur aja lah😉
    kedua, ttg read more…
    (carane piye?)😀
    aku pikir otomatis, huehehe (ketahuan rada gaptek) ternyata ga otomatis toh,, owkeh deh

    Admin:
    nggak otomatis, ada menunya di tab kotak untuk menulis, atau belajar aja di blog panduan. dah dilinkkan di sidebar

  5. BEGE said

    Salut buat mas Atmo CS dengan Plawan dan selanjutnya…Sayange dulu saya ndak jadi ikut…dan terpaksa pindah KKN bareng temen2 disana.

  6. woalah atmoo… atmooo… kowe nang endi saikiii..

Tinggalkan Balasan

 
