blognya cah-cah sipil UGM

komunitas blogger Teknik Sipil dan Lingkungan UGM

Sejarah Transportasi Kereta Api

Posted by herr pada Agustus 8, 2008

Perkembangan transportasi kereta api menggunakan jalan rel bermula dari dikembangkannya usaha untuk meningkatkan pelayanan transportasi yang meliputi antara lain kuantitas pengangkutan, kecepatan perjalanan, dan keawetan sarana prasarananya. Awal mula terciptanya jalan rel bisa dikatakan bermula di Inggris pada tahun 1630, yaitu dengan adanya pengangkutan batu bara. Hasil penambangan batu bara semula diangkut dengan kereta yang ditarik kuda. Terdapat dua masalah berkaitan dengan penggunaan kereta yang ditarik kuda ini, yaitu:
a. jalan yang dilalui cepat rusak
b. kapasitas angkut rendah

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, pada jalan yang dilalui dipasang balok-balok kayu membujur, dengan maksud dapat memberikan landasan yang lebih kuat dan memperkecil hambatan antara roda dan permukaan jalannya. Dengan memasang balok-balok kayu membujur tersebut kapasitas angkut seekor kuda yang menarik kereta bisa meningkat.

Balok-balok kayu membujur ini ternyata masih juga cepat rusak, baik oleh cuaca maupun oleh beban kereta, maka perkembangan berikutnya ialah bagian atas balok kayu diberi lapisan yang lebih kuat yaitu besi. Perkembangan berikutnya balok kayu diganti seluruhnya dengan besi. Meskipun sudah menggunakan batang besi, tetapi dengan masih digunakannya bentuk roda biasa, masih terjadi melesetnya roda keluar dari batang besi dimaksud. Untuk menghindari melesetnya roda tersebut maka roda-roda diberi flens (flange), ini terjadi pada tahun 1789. Akibat dari penggunaan flens pada roda ini mengakibatkan kendaraannya tidak dapat digunakan di jalan raya biasa, sejak itulah terjadi perbedaan antara jalan raya dan jalan yang menggunakan batang besi atau jalan rel.

Jalan rel pertama kali digunakan untuk pengangkutan batu bara

Pada awal abad XIX kereta di atas rel mulai ditarik oleh kendaraan yang dijalankan dengan mesin (lokomotif) uap. pada masa-masa tersebut jalan rel mulai pula dibangun di beberapa negara, seperti Perancis, Jerman, Belgia, Belanda, Rusia, Austria, Indonesia (lihat Sejarah Kereta Api Indonesia). Perkembangan kereta api baik sarana maupun prasarananya terus berjalan. Pengembangan dalam hal kecepatan, pelayanan, keselamatan, efisensi, dan kenyamanan terus pula dilakukan, hal ini seiring pula dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lokomotif diesel-listrik mulai digunakan di New Jersey tahun 1925, kereta diesel-listrik untuk penumpang bentuk streamline mulai meluncur di Amerika tahun 1934.

Perkembangan terus berjalan termasuk dalam rancang bangun, teknologi komunikasi dan informasi, dan teknologi bahan. Hal ini membawa pula perkembangan sarana dan prasarana kereta api, misalnya kereta api super cepat, kereta api monorail (dengan satu rel), kereta api levitasi magnetik (maglev), kereta api pengangkut berat. Begitu pula perkembangan dalam teknologi penggeraknya, misalnya lokomotif diesel, diesel-listrik dan penggerak listrik. Teknologi persinyalan juga berkembang sehingga tidak hanya digunakan sinyal mekanis tetapi juga sinyal elektris.

Sumber: Buku Jalan Rel (Suryo Hapsoro Tri Utomo)

Artikel terkait: Sejarah Kereta Api Indonesia

10 Tanggapan to “Sejarah Transportasi Kereta Api”

  1. bantons said

    Mas, ilustrasinya kurang pas deh, kemungkinan itu foto konstruksi Terowongan Sasaksaat atau Lampegan,

  2. herr said

    oke mas anton, anda benar. sekarang dah bener toh? makasih atas pemberitahuannya🙂

  3. rusnan said

    dari kecil aku suka kereta uap , dan sering berhayal ingin memilikinya. ha..ha… skarang udah memilikiny ….. tapi sepeda uap yg aku buat sendiri . tercipta sudah keinginan itu , taun ini aku menikmatinya . tertunda 30 tahun .

  4. Rheza said

    wahh .. nice info mas ..
    yg sebelum’y ga tau ,
    skrg jadi tau .
    thanks for sharing . 🙂

  5. jadet said

    AHHHHHHHHHHHHH SUMPAH AKU SUKA SEKALI KERTEA APIII !!!!!!!!!!!!!

  6. permata said

    mau tanya, ada yang tau ga beli dimna atau download buku Sejarah Perkertaapian Indonesia??? trims

  7. Abbiyyu said

    trim,, yya kk informasi,nya ,membantu sngat…

  8. I`m a Railfans..sukses kereta Api Indonesia

  9. jadi pingin naik kareta nih,,

  10. gunawan mp 84 said

    ada hal menarik di infrastruktur kereta api : pada saat penggantian jembatan baru, tetapi kereta api tetap berjalan diatas jembatan yang di bangun, tidak seperti pada jalan raya dibuat jembatan sementara dan jalan sementara, karena jalan rel hanya satu dan tdak bisa dibelokkan. ingin share mongggoooooooo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: