blognya cah-cah sipil UGM

komunitas blogger Teknik Sipil dan Lingkungan UGM

Bahasa Dunia ke 3 : Bahasa Indonesia !!!

Posted by Eko Sutrisno HP pada Februari 8, 2009

Apa yang menarik dari ucapan Matt Mullenweg sang bidan wordpress tentang Indonesia. Katanya,” Bahasa Inggris merupakan bahasa terbesar pertama di situs wordpress dan bahasa Indonesia menduduki urutan ke tiga setelah bahasa Spanyol”

“Itu sebabnya aku kesini, untuk menghormati para pemakai wordpress di Indonesia”, lanjutnya.

Wow… begitu rupanya ya..!:-)

Aku jadi inget profesor Sunaryo, ahli pengairan Indonesia dari UGM. Beliau ini malang melintang di mana-mana, baik di Indonesia maupun di manca negara. Kelemahan dan kelebihan beliau adalah pada kemampuannya berbahasa.

Diamanapun dia ceramah, maka yang dipakai selalu dan selalu hanya bahasa Indonesia. Bahasa non Indonesia tidak pernah menarik hatinya.

Tentu hal ini menjadi merepotkan bagi panitia, karena harus menyediakan penterjemah yang pandai berbahasa asing sekaligus pandai dan menguasai masalah teknik pengairan.

Tuhan rupanya sudah menyiapkan putra UGM juga untuk menjadi penterjemah beliau, namanya Pragnyono.

Seorang asisten dari prof Sunaryo yang, kata pak Sunaryo sendiri lebih pinter dibanding dia. Kelemahan Pragnyono, kata Prof Sunaryo adalah,”dia lebih muda dari aku dan menurut apa yang kukatakan”

“Kelebihannya, adalah dia bisa menceritakan lebih ilmiah dari aku dan lebih detil”, lanjut pak Naryo.

Dua orang ini memang sangat kontras, meski kedua-duanya sangat baik hati. Pak Naryo ini sangat baik hati dalam memberi nilai mahasiswanya, dia suka memberi sisir [nilai E] agar para mahasiswanya pandai berdandan [he..he..he..]

Pak Pragnyono, begitu ramah menerimaku di rumahnya. Dia hilangkan jarak antara dosen dan mahasiswa, sehingga aku merasa nyaman berbicara dengan dia ketika membahas tugas akhir.

Ceritanya, suatu hari pak Naryo ini ceramah di Jepang [semoga gak salah ingat] dan para hadirin tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia.

Seperti biasa, untuk kasus ini pak Pragnyono mendampingi beliau sebagai penterjemah.

Setelah pak Sunaryo cas cis cus dengan sangat lancar, maka pada giliran tanya jawab, pak Naryo bilang begini,

“Makalah sudah ditulis dalam bahasa yang dimengerti oleh hadirin, saya sudah menjelaskan dengan sangat jelas, jadi kalau ada pertanyaan, silahkan diajukan dan asisten saya yang akan menjawab. Saya baru akan menjawab kalau asisten saya tidak mampu menjelaskan apa yang saya sampaikan tadi”

Sudah pasti, karena asistennya lebih pinter bahasa Inggris, dan sangat memahami masalah, maka semua penanyapun terpuaskan.

“Nah, asistennya saja sudah begitu hebat apalagi aku”, kata pak Naryo terbahak-bahak.

Para mahasiswapun ikut tertawa terpingkal-pingkal mendengar celoteh pak Naryo ini.

Begitulah pak Naryo yang kukenal. Orang yang sangat humoris dan selalu menyediakan separuh jam kuliahnya untuk bercerita tentang hidup dan kehidupan [terutama yang menyangkut masalah wanita].

Kecintaan pak Naryo pada bahasa Indonesia membuat aku ikut menulis blog hanya dalam bahasa Indonesia [soale angel kalau nulis dalam bahasa Inggris]. Toh di wordpress sudah jadi bahasa ke 3 dunia.

Yuk bangga berbahasa Indonesia.

Salam

22 Tanggapan to “Bahasa Dunia ke 3 : Bahasa Indonesia !!!”

  1. leedyaa said

    allooww…redaksi blog ugm..

    menurut gw kita mang harus bangga dengan bahasa indonesia..coz,klo bukan kita yg mempublikasikannya,sapa lage..

  2. eshape said

    leedyaa berkata
    Februari 24, 2009 pada 6:33 pm e

    Bener tuh mbak Leedyaa,
    mari kit aberbangga diri dengan bahasa Indonesia

    Makasih komentarnya mbak

    Salam

  3. itara said

    salam kenal

    wah, jadi tambah bangga, saya kuliah di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

    Bahasa Indonesia itu memang unik…mungkin itu sebabnya prediksi bahwa bahasa itu akan mendunia.hehehe

    oya, boleh gak aku copy tulisan ini? tenang aja, ditulis sumber copyannya kok. okey, terimakasih..

  4. eshape said

    Wah boleh banget, silahkan di”copas” dimana saja.

    He..he…he… makin banyak dibaca makin banyak manfaatnya.
    Amin.

    Salam

  5. zulaikha said

    pak eshape, numpang comment ya…

    untung kita punya bahasa Indonesia Pak….karena ada bahasa Indonesia, jalan-jalan ke penjuru Indonesia kita tetap bisa berkomunikasi.

    cuma kadang malesnya itu, kita males belajar dan menggunakan bahasa Indonesia dangan baik dan benar, seperti kometar saya sekarang ini…alhasil sering bingung…konon dulu ada dosen yang kalau mau membuat kalimat berbahasa Indonesia, dia justru menerjemahkan dari bahasa inggris….

    tapi hal yang paling penting, dengan menguasai bahasa…banyak bahasa, komunikasi bisa terjalin dengan lebih baik.

    salam

  6. eshape said

    Makasih komentarnya ya mbak

    Semoga menambah maraknya blog bersama ini.

    Salam

  7. william said

    mas, aku pengen belajar wordpress, tapi kok susah ya..???
    ni lagii blogger aja, btw tukeran link gitu naikin PR gag????
    thx,.,. mau tukeran link gag????

  8. eshape said

    @Mas William

    Aku juga masih belum ngerti kok kalau yang aneh2.

    Bagiku yang penting bisa nulis dan muncul di blog, sehingga bisa dilihat orang lain sudah cukup.

    Soal PR, kalau kita tukeran link dengan yang PRnya gedhe ya ngaruh, tetapi kalau kita tukeran link dengan blog yang PRnya rendah, maka tidak akan menaikkan PR kita, tetapi menaikkan PR yang kita link.

    Bagiku, kalau kita suka dengan link seseorang, ya tinggal dimasukkan saja. Soal PR itu soal lain. Anggap saja amal untuk orang lain.
    Salam

  9. Rheza said

    waaahh .. hebat ..
    d’saat semua orang berbondong2 pindah bahasa k’bahasa inggris, jepang, cina, etc .
    beliau malah tetap menggunakan b.indo sebagai bahasa pengantar dimana saja .
    salut pak . 🙂

  10. eshape said

    @Rheza

    makasih
    salut buat semua yang cinta akan bahasa Indonesia

    salam

  11. Opan said

    Saya rasa ini merupakan terobosan perkembangan Bahasa Indonesia dimana saat ini banyak masyarakat mulai beralih menggunakan Bahasa Asing, terutama Inggris, untuk berbagai istilah-istilah.

  12. insanmandiri2009 said

    @Opan

    makasih komentarnya mas
    pokoke selalu cinta dengan apa yang berbau Indonesia
    gitu ya mas….

    Salam

  13. Opan said

    @Insanmandiri2009

    Sepakat!
    Oleh karena itu kalau di kampus usahakan dengan bahasa Indonesia yah, jangan bahasa Jawa.
    Padahal saya sendiri orang Jawa, tapi karena dibesarkan di Jakarta, jadi ga bisa bahasa Jawa.
    (Jangan dijadikan alasan).

    Ngomong-ngomong, Bapak Profesor Sunaryo mengajar mata kuliah apa saja?

  14. lidia said

    setuju….
    bravo pak sunaryo…

  15. eshape said

    @Opan

    Alm. Pak Naryo dulu ngajar ilmu pengairan, jadi saat ujian ya isinya nggambar mulu.

    karena nggambar itu lama, maka beberapa teman yang sangat kreatif sudah menggambar perkiraan denah, nanti tinggal diberi ukuran dan tambahan lain-lain sesuai soalnya

    Salam

  16. eshape said

    @Lidia

    Bravo juga buat mbak Lidia

    Bagi teman-teman yang belum tahu, jangan lu[pa ada reuni akbar tahun ini,

    17 Oktober 2009
    di balai Kartini,mulai jam 09.00 pagi sampai makan siang…

  17. wardi said

    kalo bhs Java nomer berapa ya ?

  18. eshape said

    Salam

    Kalau bahasa Java mungkin nomor satu
    tapi kalau bahasa JAWA ndak tau, hehehe….!:-)

  19. wardi said

    Salam kembali mas Eshape, hehe betul Java sdh nginternasional, boso jowo supaya ngejar dia. Bhs indonesia dapat no 3 itu presentase/populasi di WordPress tahu gak? Kalau boso jowo supaya bisa masuk 10 besar WordPress ya minta bantu bloggers supaya juga bikin versi jowo spt wikipedia jowo … niki nek ra ribet nggih

  20. eshape said

    Salam Mas Wardi,

    kalau diprosentasikan, maka antar urutan no 1, dan 2 masih dekat, tapi urutan ke 3, jauuuuuh banget prosentasenya.

    Yang penting nomor 3 aja deh..!:-)

    Salam blogger !

  21. seperti mana yang orang Malaysia yang memang cerdik tahu, negara ketiga juga dipanggil 3rd WORLD COUNTRY. secara
    am, negara ini miskin dan mempunyai kadar kelahiran yang tinggi. ya,
    bahasa ini kolot.

  22. Ngapain pakai bahasa jepang penduduk jepang aja cuma 125 juta jiwa. Mending pakai bahasa indonesia di gunakan di 11 negara di dunia dengan total penutur sekitar 375 juta jiwa. Bahasa indonesia menjadi bahasa ke 5 di dunia setelah bahasa mandarin, inggris, hindi dan spanyol. Jadi kan seperti RRC satu bahasa untuk indonesia hanya bahasa indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: