blognya cah-cah sipil UGM

komunitas blogger Teknik Sipil dan Lingkungan UGM

Posts Tagged ‘eshape’

Laporan Reuni Akbar 2009

Posted by Eko Sutrisno HP pada November 10, 2009

“Sukses mas acaranya, makasih…”

“Tak cari-cari anda tidak ada, jadi saya pulang duluan, sukses besar acaranya mas…”

“Berapa yang datang mas, ada lebih dari 300 kan? Luar biasa, seru ….”

Masih banyak lagi komentar teman-teman, baik dari kalangan pinisepuh maupun dari mereka yang masih “fresh from the oven”.

Semua komentar itu diterima rata oleh semua panitia, sehingga rasa capek menggelar acara akbar ini jadi tidak etrasa lagi. Yang ada adalah kepuasan yang seperti tidak mau hilang. Langsung saja kita pasang target untuk tahun depan, “Harus Lebih Sukses!”

Ada mas Oni, pendatang baru dalam kepanitiaan yang langsung menunjukkan tajinya. Sungguh beruntung Civeng mempunyai alumni seperti mas Onni ini. Luwes dan enthengan + penuh ide kreatif. Lihat saja blognya, bikin ngakak habis.

Ada juga mas Gema [sekretaris umum] yang terpaksa ninggalin bisnisnya dulu untuk ngurusin acara ini. Selesai acara, beliaunya langsung ambruk, tidak berkutik.

Di bagian keuangan ada mas Yudo yang pusinbg sendiri mikir duit kok gak cukup-cukup. Untung punya sumber utangan tanpa bunga, jadi panitia bisa berjalan.

Duet dari Hutama Karya juga mewarnai kepanitiaan ini, siapa lagi kalau bukan Mas Putut dan mas Gatot. Mereka berdua inilah yang pontang panting dikejar-kejar mas Yudo yang kekurangan duit. Acungan jempol pantas diberikan pada mereka berdua.

Di belakang layar ada dua nama yang terus mendorong poanitia agar tidak gentar menghadapi apapun yang menghaklangi. Mereka adalah pak Eko Prastowo dan Pak BEM.

Pak Putut kalau sedang ditanyain tentang sumber dana, maka salah satu jawabannya adalah “sedang ditelepon pak Eko Prastowo, tenang saja…”

Pak BEM malah lebih parah lagi, justru pak BEM-lah yang nanya pada panitia, “..siapa lagi yang harus kutelepon…?”

“Pak XXX sudah terima proposal belum? Saya telepon sekarang nanti panitia menyusuli surat porposalnya…”

Aku sempat kepikiran, kalau saja nggak ada pak BEM, maka panitia ini mungkin sudah balik kanan mengembalikan mandat kepanitiaan.

Acara reuni akbar ini memang penuh dengan warna khas Pogung. Nekad abiz…!

“Spanduk ini kalau mau dipasang harus ijin dan biayanya lebih mahal daripada harga spanduknya, gimana pak Eko?”

“Pasang saja, nanti saya urus ijinnya kalau sempat. Kalau gak sempat dan kemudian spanduk diambil oleh Satpol PP, maka ikhlaskan saja…!”

Jadilah semua spanduk terpaksa dipasang tanpa ijin dari yang berwajib.

Acara yang sedianya dimulai jam 8.30 ini akhirnya molor juga, padahal sudah wanti-wanti untuk tidak molor, tapi sikon memang belum mengijinkan untuk memulai acara.

Para tamu baru saja berdatangan dan terus berdatangan serta masih asyik ngobrol dengan penuh canda ria, sehingga tidak tega kalau harus diputus untuk mengikuti acara resmi panitia.

Dalam rapat sudah diputuskan untuk segera memulai acara bila tamu yang datang sudah mencapai jumlah angka 100 orang.

Lalu bagaimana kita tahu kalau tamu sudah berjumlah 100 orang?

Kodenya adalah kalau kaos alumni sudah habis berarti sudah 100 orang yang masuk ke ruang Reuni. Ternyata kaos sudah habis, tetapi ruang yang luas membuat tamu terlihat hanya sedikit saja yang datang.

Ketika jumlah tamu sudah menginjak angka 170 orang, berdasar data absen yang ditanda-tangani para tamu, maka dimulailah acara reuni ini.

Dibuka oleh Ketua Panitia, pak Ketupat Oke, maka sambutan ini hanya berlangsung dalam hitungan detik. inilah sambutan tercepat dalam sejarah reuni Civeng.

Ketua Panitia Pidato

Sambutan selanjutnya adalah dari Ketua Yatsigama, Kajur Sipil UGM dan dari pimpinan konsultan WGA. Inilah sambutan yang memang dikorbankan untuk tidak didengar.

“Yang mau ngobrol silahkan ngobrol dan yang mau ndengerin silahkan mendengarkan”, begitu kira-kira apa yang ada di pikiran para pembicara di atas panggung.

Di sela-sela sambutan tersebut diadakan acara penyerahan cek senilai 75 juta untuk bantuan Bea Siswa bergulir, sumbangan dari kagama.

Pak B3 mewakili pak Menteri Djoko Kirmanto menyampaikan sambutan berkaitan dengan sumbangan tersebut.

“Ini memang uang Kagama, tetapi karena saya yang kebagian mencari, maka saya tahu persis bahwa sebagian besar uang yang saya kumpulkan adalah dari alumni Sipil UGM, jadi sangat layak kalau disumbangkan lagi ke Teknik Sipil UGM”

Tepuk tanganpun bergemuruh ketika ucapan itu disampaikan.
Cek 75 juta untuk bea Siswa Bergulir

Setelah selesai acara sambutan, maka situasi makin tidak terkendali, semua asyik ngobrol dengan bahasanya sendiri-sendiri dan dengan angkatan masing-masing. Angkatan 73 yang tadinya memecahkan rekor sebagai peserta terbanyak, ternyata akhirnya harus merelakan mahkotanya untuk angkatan 71.

Dalam suasana yang kacau balau ini, pak Koen dan pak Sis menyumbangkan suara emasnya dan minta sumbangan dana pada para tamu. Lumayan juga hasilnya, 13 juta lebih untuk membayar suara pak Koen dan Pak Sis. Selesai acara penggalangan dana ini, maka suasana sudah tidak terkendali lagi. Semua tamu asyik dan tenggelam dalam kelompok-kelompok kecil dengan suara yang memenuhi ruangan acara.

Disinilah peran penting Mr Onni sebagai eMCe yang langsung merubah susunan acara sehingga suasana bisa kembali teratur dan tetap santai, bahkan sangat dinikmati oleh mereka yang mengikuti acara main angklung bersama ini.

Mas Onni memang mengajukan urutan acara main angklung menjadi di depan ceramah, sehingga acara ceramah “halal bi halal” dilaksanakan setelah acara main angklung.

Sebuah kolaborasi yang apik dari permainan angklung dan ceramah motivasi oleh Pak Parlindungan Marpaung, sehingga semua hadirin terpaku sampai ke titik omongan penghabisan dari sang Motivator.

Acara makan siang yang didahului dengan doa terasa sangat cair dan sangat “gayeng”. Omongan yang tadi sempat tertahan karena terpesona oleh :”sihir” dari angklung dan ceramah sang motivator, sekarang terlampiaskan dalam canda dan lagu.

Sampai ketemu di Reuni yang akan datang.

+++
Debt Collector merangkap penyanyi
.
.
Pemburu Foto yang tak kenal lelah

Iklan

Posted in cerita kita, serba serbi, teknik sipil | Dengan kaitkata: , , , | 2 Comments »

Jadi eMCe lagi

Posted by Eko Sutrisno HP pada Oktober 3, 2009

Saat jadi ketua panitia reuni akbar 2009 ini, maka yang terbayangkan adalah aku akan memberi sambutan sebagai ketua panitia dan hampir pasti tidak mungkin jadi eMCe lagi.

Kebetulan ada masukan dari teman-teman alumni yang 10 tahun di bawahku, bahwa Civeng punya eMCe yang bisa membuat audience terpaku di kursi masing-masing. Tak usah ditunggu lagi, segera kucari nomor kontaknya dan mulai mengontaknya.

“Kaji Edan”, begitu dia disebut dan begitu pula dia menyebut dirinya.

Alhamdulillah, akhirnya sukses juga menggeret mas Onny [kaji edan] ini dalam acara temu alumni sipil ugm 2009 ini. Ditambah dengan penampilan dari pak Parlindungan Marpaung, maka acara temu alumni ini bisa dipastikan akan memberi banyak kenangan pada angkatan muda yang ada di bawahku. Mas Onny ini sudah nggak perlu lagi mbaca tips untuk menjadi MC, dia sudah pakar disitu, jadi enak nggak perlu ngasih pengarahan sama dia.

Masalah yang timbul kemudian adalah untuk mereka [para alumni] yang ada di atasku. Apakah mereka bisa mengikuti canda mas Onny dan pak Parlindungan?

Puter-puter otak, akhirnya disepakati pada saat pak Marpaung tampil, para alumni yang masuk kuliah sebelum tahun 78 akan kita giring di ruangan lain.

Sebuah ruangan VVIP-pun kita siapkan. Untuk memandu para alumni memasuki ruangan VVIP, maka perlu ada pemandu khusus dan pilihanpun jatuh padaku.

Hahaha…akhirnya jadi eMCe lagi deh.

Ruangan VVIP itu nantinya akan kita lengkapi dengan foto-foto jadul para alumni dan tidak ada acara yang resmi di ruangan itu, sehingga ruangan VVIP itu kita harapkan dapat dipakai sebagai ajang para “pinisepuh” untuk saling berbagi kangen.

Untuk reuni yang akan datang, aku jadi kepikiran, kayaknya mas Onny nanti yang akan jadi ketua panitianya. Muda, trampil dan penuh kreasi. Bis ajuga sebagai tuah reuni yang lalu, dimana mantan eMCe yang lalu jadi ketua panitia tahun ini.

Sampai jumpa di reuni akbar sipil ugm 2009.

+++

hasil guyonan mas Onny

hasil guyonan mas Onny

Posted in kabar, serba serbi | Dengan kaitkata: , , , , , | Leave a Comment »

Temu Alumni Sipil 2009 [H-15]

Posted by Eko Sutrisno HP pada Oktober 2, 2009

Tak terasa saat temu alumni sudah semakin dekat, tinggal 15 hari lagi. Panitiapun ngebut menyelesaikan pekerjaan yang masih tertunda, karena adanya libur lebaran.

Rapat panitia kali ini terasa sangat lancar, mengalir begitu saja, tahu-tahu acara sudah selesai.

Bintang acara siapa lagi kalau bukan pak Putut, koordinator pengumpul dana, dan mas Onny, calon eMCe acara temu alumni.

Ngakak deh...

Ngakak deh...

Suasana jadi penuh ger-geran karena adanya mas Onny, yang begitu duduk sudah langsung memberi donasi ke panitia senilai 10 juta rupiah. Belum lagi kesanggupannya untuk jadi eMCe tanpa dibayar. Ini anak muda yang 9 tahun di bawahku sudah berani nyumbang 10 juta, mantap banget nih !:-)

Komitment yang tinggi dari para alumni Civeng UGM memang sangat diperlukan. Saat ini dana yang sudah terkumpul masih berasal dari muka-muka lama, meskipun ada juga bantuan dari muka-muka baru [termasuk mas Onny, mas Henri dll]. Demikian barunya mereka ini, sehingga ada yang tidak terdeteksi siapa mereka yang telah berbaik hati mengirimkan dananya ke panitia [asal jangan karena salah kirim aja!:-)]

Beberapa muka lama sudah tidak bisa lagi dimintai bantuan dana, dengan berbagai sebab, sedangkan muka-muka baru belum semuanya muncul ke permukaan. Untuk semua ini kita ucapkan syukur alhamdulillah.

Meski demikian, panitia yakin dengan komitment para alumni untuk membuat acara ini berlangsung sukses.

Susunan acara telaH dibuat sedemikian rupa, sehingga semua angkatan bisa merasakan kenikmatan mengikuti acara ini.

Seperti acara mudik Yogya 23 September 2009 bulan lalu, maka ada satu ruangan yang pada jam tertentu akan dibebaskan dari acara yang dilangsungkan di ruangan utama.

Di ruangan ini para peserta reuni akan bebas bicara dengan siapa saja tanpa harus mengikuti arahan dari eMCe yang berada di ruang utama. Sedangkan di ruang utama, acara telah disusun sehingga ada alur yang runtut dan mempunyai klimaks.

Di ruang utama inilah mas Onny akan “menghabisi” audience dengan gaya khasnya, sedangkan aku akan memandu para “pini sepuh” yang akan asyik nonton foto-foto narsis mereka di tahun-tahun kemahasiswaan mereka di ruang satunya.

Sampa ketemu di acara temu alumni, Balai kartini, 17 Oktober 2009. Bagi para alumnus yang mampu menyanyi dan mau menyanyi, maka diharapkan bisa datang lebih pagi, karena disediakan player khusus untuk acara ini.

Dijamin para penyanyi akan puas, meskipun audience belum tentu puas dengan penampilan sang penyanyi. Pak Koen yang bisa dijamin akan memuaskan para penonton, untuk penyanyi lain silahkan kasih masukan siapa yang kira-kira dapat memuaskan penonton.

Salam FUNtastic.

+++

Rapat 01

Rapat 01

Ngantuk kakehan duit

Ngantuk kakehan duit

Inilah kaji edan

Inilah kaji edan

Posted in cerita kita, kabar, serba serbi | Dengan kaitkata: , , , , , | 2 Comments »

Wujudkan-indonesia-bebas-korupsi-dengan-senyum

Posted by Eko Sutrisno HP pada Januari 14, 2009

Salam.

Meskipun suliiiiit sekali membebaskan Indonesia dari Korupsi, tetapi dengan kebersamaan tekad kita, maka yakinlah nanti pasti BISA.

Mari kita kampanyekan IBK [Indonesia Bebas Korupsi] dimana kita bisa. Aku nulis di blogku ini, semoga dari satu tulisan sederhana ini akan beranak-pinak menjadi puluhan, ratusan, ribuan dan bahkan jutaan blog yang akan membahas IBK.

Kita mulai dari blog kita masing-masing dan dengan modal senyuman pada semua yang menyapa kita.

Aku sudah buat grup senyum di Facebook, silahkan bergabung untuk sama-sama tersenyum menghadapi apapun yang ada di depan kita.

http://groups.to/senyum
http://www.facebook.com/group.php?gid=36935574301

Situs IBK sendiri ada di :
http://apps.facebook.com/causes/138513?recruiter_id=11139528

Inilah beberapa alasan mengapa korupsi perlu dibersihkan dari bumi Indonesia. Alasan lain silahkan tambahi sendiri.

  1. Korupsi mendelegetimasi proses demokrasi dengan mengurangi kepercayaan publik terhadap proses politik melalui politik uang.
  2. Korupsi mendistorsi pengambil keputusan pada kebijakan publik, membuat tiadanya akuntabilitas publik & menafikan hukum. 
  3. Korupsi meniadakan sistim promosi dan hukuman yang berdasarkan kinerja karena hubungan patron-client dan nepotisme.
  4. Korupsi mengakibatkan proyek pembangunan & fasilitas umum bermutu rendah & tidak sesuai dgn kebutuhan masyarakat, sehingga mengganggu pertumbuhan pembangunan
  5. Korupsi mengakibatkan kolapsnya sistim ekonomi karena produk yang tidak kompetitif dan penumpukan beban hutang luar negeri

Nah, mari kita tulis di blog kita masing-masing untuk mengajak pembaca ikut kegiatan IBK.

Salam Senyum
VIVA IBK

eko.eshape @gmail.com
http://eshape.wordpress.com/

Posted in opini, serba serbi | Dengan kaitkata: , , , | 13 Comments »