blognya cah-cah sipil UGM

komunitas blogger Teknik Sipil dan Lingkungan UGM

Hemat atau boros…???

Posted by Arifan pada Februari 21, 2008

Bagaimana menurut Anda dengan perbandingan di bawah ini :

1. Jajan siang dengan tidak jajan siang
2. Makan malam dengan tidak makan malam
3. Naik kereta eksekutif dengan kereta bisnis
4. Makan 3 kali sehari dengan makan 1 kali sehari

    Sering kita terjebak dengan mengatakan jajan siang, makan malam, naik kereta eksekutif, makan 3 kali sehari, akan lebih boros dibandingkan dengan perbandingannya masing-masing di atas. Hal tersebut wajar dan memang begitu jika kita memandang dari aspek KEKINIAN, tapi mari penulis mengajak pembaca untuk mengubah paradigma kita, sudut pandang kita.

    Jajan siang, Anda katakan boros..iya jika dipandang dengan sudut pandang kekinian, tapi jika kita melihat besok-besoknya (paradigma kemasadepanan), ternyata ada sebagian dari orang yang mengalami maag jika tidak makan siang/jajan siang..nah bisa ditebak, biaya yang diperlukan untuk pengobatan ternyata jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan uang yang harus ia keluarkan untuk jajan siang tersebut.

    Sama halnya dalam kasus makan malam dan makan 3 kali sehari. Analoginya dapat kita samakan dengan kasus jajan siang.

    Kemudian naik kereta bisnis, secara sepintas memang harga tiket lebih murah, akan tetapi mari kita tengok lebih dalam dan lebih jauh, bagaimana jika dalam kereta bisnis ini Anda membawa harta yang berharga (misal laptop keluaran terbaru, atau HP Nokia E 90 yang harganya membuat orang miskin tak ingin membayangkan memilikinya, karena hanya membuat ingin berhayal saja dan semakin sakit untuk menjalani hidup yang ternyata jauh banget dari yang dikhayalkannya) dan tiba-tiba dicuri dalam kerumunan disaat para pedagang asongan masuk menawarkn dagangannya? Bisa ditebak lagi, binggooooo.. Anda kehilangan jauuuh lebih besar dari yang Anda hemat dari selisih harga tiket..

    Nah, sekarang bagaimana penilaian Anda? Hemat atau boros??

    Percaya ga percaya silakan timbang-timbang keputusan Anda sendiri..

    Salam hangat

    Arifan Jaya Syahbana

    5 Tanggapan to “Hemat atau boros…???”

    1. herr said

      nggak masalah naik eksekutif, bisnis bahkan ekonomi, yang penting bagi saya selamet sampai tujuan. bawa laptop? saya pulkam lebaran kemarin naik kereta ekonomi bareng teman yang bawa laptop. alhamdulillah nggak terjadi apa2, selama mengawasi barang bawaan kita diiringi dengan do’a, insya Allah baik2 saja…

    2. Arifan said

      Ya, semuanya relatif mas hery..tapi kita juga diwajibkan ikhtiar juga sebelum tawakal..hehehehe:D
      yup..semuanya kembali pada ketentuan Alloh juga.

    3. bantons said

      Naik kereta api yang enak adalah di Lokomotif KA eksekutif, hehehehe….

    4. Arifan said

      wah, bisa ditangkep ntu mas anton..ga boleh loh naek lokomotif pas jalan..heheheh

    5. wisnu jurono said

      kalau sudah umur, naik KA semalam bisa2 harus recover fisik sehari-duahari… bagus naik pesawat saja toh kalau dibook jauh hari harganya hampir sama dg karcis KA. juga kalau sudah umur makannya tidak bisa sekaligus banyak, jadi harus sedikit2 tapi sering dalam sehari supaya cukup asupan kalorinya, dan kalau malam malah anjuran dokter supaya makan terakhir 5 jam sebelum tidur..

    Tinggalkan komentar